Perbedaan HP ASUS ZenFone 8 dan ZenFone 8 Flip

Perbedaan HP ASUS ZenFone 8 dan ZenFone 8 Flip

Kcparacon – Jika Anda seorang pemerhati dunia gadget, tentu pernah mendengar kabar bahwa ASUS ZenFone 8 dan ASUS ZenFone 8 Flip sudah hadir di pasar Eropa dan Taiwan. Sayangnya, hingga artikel ini ditulis, belum ada kabar pasti apakah keduanya juga akan hadir di Tanah Air.

Keduanya tentu masih memiliki beberapa spesifikasi yang menarik untuk dibahas. Sebagai ponsel flagship, juga diyakini memiliki spesifikasi dan fitur yang mengagumkan di kelasnya. Apalagi pada ASUS ZenFone 8 Flip, ponsel unik dengan mekanisme kamera yang berbeda dari biasanya.

Memiliki banyak perbedaan, Anda mungkin bertanya-tanya mana yang lebih layak dibeli di antara keduanya. Jadi mari kita lihat beberapa poin perbedaan antara ASUS ZenFone 8 dan ZenFone 8 Flip berikut ini.

1. Ketebalan dan berat

ASUS ZenFone 8 biasa lebih ringan dari ZenFone 8 Flip. Mungkin ini karena mekanisme kamera berputar yang membuat ZenFone 8 Flip begitu tebal dan berat.

Sementara ZenFone 8 memiliki bobot 169 gram dengan tebal 8.9mm, Flip bahkan lebih besar dengan 230 gram dan tebal 9.6mm. Perbedaan antara keduanya sangat besar, sehingga pengguna akan merasa lebih nyaman saat menggunakan ZenFone 8 setiap hari daripada Flip.

2. Mekanisme kamera

Dari nama kedua produk tersebut memang sudah berbeda, yang satu mengusung kata Flip dan yang lainnya tidak. Ini benar-benar petunjuk untuk perbedaan terbesar. Sementara ZenFone 8 memiliki mekanisme kamera biasa, ZenFone 8 Flip memiliki kamera belakang yang bisa berputar menghadap wajah.

Kamera belakang ZenFone 8 tidak bisa digunakan sebagai kamera selfie, berbeda dengan versi Flip. Oleh karena itu, pada ZenFone 8 ditambahkan kamera depan berlubang dengan resolusi 12 MP. Oleh karena itu, kualitas yang dapat Anda harapkan dalam fotografi selfie tidak sebagus kamera belakang.

3. Jumlah kamera belakang

Ini, tentu saja, perbedaan besar. ZenFone 8 diketahui hanya memiliki mekanisme kamera biasa, namun yang menarik justru kameranya yang lebih sedikit, yakni hanya memiliki kamera ganda. Kamera ini merupakan lensa wide dengan resolusi 64 MP yang dihadirkan dengan OIS.

Sedangkan lensa kedua adalah kamera ultra-wide 12 MP. Hal ini tentu berbeda dengan ASUS ZenFone 8 Flip, di mana terdapat tiga kamera yang juga dikenal dengan triple camera. Lensa utama memiliki kamera 64 MP, namun kali ini tanpa menggunakan OIS.

Selain itu, ZenFone 8 Flip juga memiliki lensa telefoto 8 MP yang dapat digunakan untuk 3x lossless zoom. Ini adalah lensa yang tidak dimiliki ZenFone 8 klasik. Lalu, untuk lensa ketiga, Flip menggunakan kamera ultra-wide yang sama dengan ZenFone 8 biasa, yakni lensa 12 MP.

4. Ukuran layar

Dari segi ukuran layar, ZenFone 8 Flip adalah pemenangnya. Ya, tersedia dalam ukuran yang lebih besar yaitu 6,67 inci dibandingkan ZenFone 8 biasa yang hanya 5,9 inci. Tentu karena sama-sama masuk dalam jajaran ponsel mahal, keduanya sama-sama menggunakan layar beresolusi 1080 x 2400 piksel.

Hal ini pula yang mempengaruhi perbedaan dimensi kedua ponsel tersebut. ZenFone 8 akhirnya memiliki desain yang lebih kompak dan juga memiliki sisi portabilitas dengan panjang 148mm. Sedangkan ZenFone 8 Flip lebih panjang 165mm.

5. Versi Gorilla Glass

Kabar baik bagi Anda yang terkadang tidak sengaja menjatuhkan ponsel, karena ZenFone 8 dan 8 Flip sama-sama hadir dengan lapisan tempered glass pada layarnya. Tidak setengah matang, sama-sama menggunakan Corning Gorilla Glass yang sudah teruji kekerasannya.

Namun, versi masing-masing ponsel ternyata berbeda. Dalam hal ini, ASUS ZenFone 8 lebih unggul karena mengusung Corning Gorilla Glass Victus yang merupakan versi terberat di industri smartphone. Pada ZenFone 8 Flip, cukup gunakan Corning Gorilla Glass 6 yang setingkat dengan Victus.

Refensi : Berita Teknologi Terbaru

Anda mungkin juga suka...